ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL DI WILAYAH PUSKESMAS WEDI KLATEN

Abstract: Kehamilan menyebabkan meningkatnya metabolisme energi, karena itu kebutuhan energi dan zat gizi lainnya meningkat selama kehamilan. Bila status gizi ibu kurang maka ibu hamil akan mengalami masalah gizi seperti Kekurangan Energi Kronis (KEK) dan anemia gizi. Kekurangan energi dan kalori (KEK) pada Wanita Usia Subur (WUS) dan ibu hamil beresiko melahirkan Berat Bayi Lahir Rendah. Prevalensi KEK secara nasional sebesar 13,6% dan prevalensi KEK di Jawa Tengah sebesar 17,2% dan data Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten bulan Desember 2010 menunjukan bahwa ibu hamil yang mengalami KEK sebanyak 800 ibu hamil, sedangkan prevalensi ibu hamil KEK di Puskesmas Wedi sebanyak 28,3%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kejadian kekurangan energi kronis pada ibu hamil di wilayah Puskesmas Wedi Klaten.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek dalam penelitian ini adalah 37 ibu hamil yang diambil dengan cluster sampling kemudian dilanjutkan dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner dan penukuran LiLA. Analisis data dengan uji logistik ganda. Hasil penelitian menunjuk bahwa dari uji logistik ganda diperoleh hasil, jarak kelahiran (p=0,999), pendidikan (p=0,020) dan pengetahuan (p=0,014).
Berdasarkan hasil analisis ternyata hanya jarak kelahiran, pendidikan dan pengetahuan yang bersama-sama dapat memprediksi kejadian Kekurangan Energi Kronis pada ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya menambah pengetahuan mengenai makanan yang bergizi baik dan menu makanan sehat, sehingga asupan makanan ibu hamil lebih berkualitas.
Kata Kunci: Kekurangan Energi Kronis, ibu hamil
Penulis: Sri Handayani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd110076

JURNAL BERHUBUNGAN: