Studi Tentang Perbedaan Laju Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochomis niloticus) yang menggunakan dan yang tidak menggunakan pupuk organik cair

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan laju pertumbuhan benih ikan nila yang menggunakan dan yang tidak menggunakan pupuk organik cair. Manfaat penelitian adalah sebagai masukan pada ilmu budidaya bahwa penggunaan pupuk organik cair bisa menumbuhkan pakan alami, meningkatkan laju pertumbuhan dan kualitas air ikan nila.
Penelitian ini dilaksanakan selama 28 hari mulai tanggal 10 Juni – 7 Juli 2013 di sawah tambak Kelurahan Sidokumpul Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu membuat deskripsi obyektif tentang fenomena terbatas dan menentukan apakah fenomena dapat terkontrol melalui beberapa intervensi. Alat yang digunakan adalah waring atau hafa dengan ukuran 2x1 m sejumlah 6 bagian yaitu A1, A2, A3, B1, B2, dan B3. Jumlah benih ikan nila yang digunakan untuk setiap hafa 20 ekor dengan ukuran berat 0,15 – 0,21 gram dan panjangnya 1,8 – 2,5 cm. Hasil penelitian menunjukkan laju pertumbuhan berat dan panjang ikan nila yang diberi pupuk organik lebih baik daripada laju pertumbuhan ikan nila yang tidak diberi pupuk. Karena hasil uji t, t hitung untuk berat dan panjang benih ikan nila adalah 4,55 dan 2,675 lebih besar dari t tabel 2,02. Laju pertumbuhan berat dan panjang tertinggi ikan nila yang diberi pupuk organik cair adalah 4,04 gr dan 4,22 cm. Data kualitas air selama pemeliharaan menunjukkan angka yang aman bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan nila yaitu suhu berkisar antara 29,50 C -300C, DO = 6,95-7,1 ppm, pH = 7,9-8 dan kecerahan berkisar 26-31.
Kata kunci: ikan nila, pupuk organik cair, pertumbuhan
Penulis: Endah Sih Prihatini
Kode Jurnal: jpperikanandd130217

JURNAL BERHUBUNGAN: