STUDI KONSUMSI ENERGI PERANGKAT KOMUNIKASI BERGERAK UNTUK APLIKASI VIDEO STREAMING

Abstrak: Perangkat komunikasi bergerak mendapatkan energi dari baterai. Aplikasi yang rutin berpengaruh pada umur pengecasan. Oleh karenanya diperlukan efisiensi program yang berjalan. Salah satunya adalah transport layer protocol. Ada dua protokol standar: User Datagram Protocol (UDP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Tulisan ini membandingkan konsumsi energi perangkat komunikasi bergerak jika menggunakan kedua protocol tersebut. Aplikasi video streaming dipilih sebagai aplikasi yang berjalan. Eksperimen menggunakan arduino sebagai pengukur energi dan perangkat bergerak yang ditinjau adalah handphone Nokia E63. Dari eksperimen diperoleh bahwa UDP mengkonsumsi rata-rata 0,0173 Joule per paket, sementara TCP 0,285 Joule per paket. Konsumsi energi TCP berkisar 16 kali lipat dari UDP. Namun demikian, UDP mengalami packet loss yang sangat tinggi mencapai 92%, berkisar 7,8 kali lebih tinggi dari TCP.
Kata kunci: Konsumsi Energi, Video Streaming, UDP, TCP
Penulis: Yosua Nainggolan, Suherman
Kode Jurnal: jptlisetrodd150520

Artikel Terkait :