SALURAN PEMASARAN USAHA PENANGKAPAN RAJUNGAN (Portunus pelagicus) DI DESA PACIRAN KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

ABSTRAK: Rajungan merupakan salah satu komoditi perikanan yang bernilai ekonomis tinggi, karena komoditi ini sangat diminati oleh masyarakat lokal maupun luar negeri. Selain rasanya yang lezat, juga karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. hal tersebut secara tidak langsung merupakan salah satu motivasi nelayan di Indonesia untuk melakukan usaha penangkapan rajungan.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran dan harga rajungan pada masing-masing saluran pemasaran usaha pemasaran penangkapan rajungan di Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran rajungan di Desa Paciran ada 3 yaitu Saluran pemasaran I (saluran yang melibatkan nelayan, pedagang pengumpul/bakul, dan konsumen), saluran pemasaran II (saluran pemasaran yang melibatkan nelayan, pedagang pengumpul/bakul, restoran dan konsumen), dan saluran pemasaran III (saluran pemasaran yang melibatkan nelayan, pedagang pengumpul I, pengumpul II dan pabrik besar. Saluran III banyak digunakan pada proses pemasaran rajungan).
Kata kunci: Rajungan, Saluran pemasaran
Penulis: WACHIDATUS SA’ADAH
Kode Jurnal: jpperikanandd130216

JURNAL BERHUBUNGAN: