RETENSI PROTEIN DAN RETENSI ENERGI IKAN CUPANG PLAKAT YANG MENGALAMI PEMUASAAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemuasaan secara periodic terhadap retensi protein dan retensi energi ikan cupang plakat serta mengetahui pola pemuasaan yang sama atau lebih baik dari kontrol terhadap retensi protein dan retensi energy ikan cupang plakat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari kontrol K (Ikan cupang plakat diberi pakan setiap hari) dan 3 perlakuan yaitu: P1 (Ikan cupang plakat dipuasakan selama 1 hari dan diberi pakan selama 6 hari), P2 (Ikan cupang plakat dipuasakan selama 3 hari dan diberi pakan selama 4 hari), P3 (Ikan cupang plakat dipuasakan selama 5 hari dan diberi pakan selama 2 hari). Kontrol dan perlakuan masing-masing diulang 6 kali. Variabel yang diamati adalah retensi protein dan retensi energi. Penelitian dilakukan selama 8 minggu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemuasaan secara periodik mempengaruhi retensi protein dan retensi energi ikan cupang plakat. Pola pemuasaan ikan cupang plakat (P1) yang dipuasakan 1 hari dan diberi pakan 6 hari mempunyai pengaruh yang sama dengan kontrol terhadap retensi protein dan retensi energi ikan cupang plakat.
Kata kunci: ikan cupang plakat, pemuasaan, retensi protein, retensi energy
Penulis: Sukmaningrum, Setyaningrum, N Pulungsari, A.E
Kode Jurnal: jpperikanandd140189

JURNAL BERHUBUNGAN: