RANCANG BANGUN TRAINER CONVERTER ANALOG TO DIGITAL DAN DIGITAL TO ANALOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 7 SURABAYA

Abstrak: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kelayakan trainer sebagai media pembelajaran, hasil belajar siswa, dan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran trainer converter dan jobsheet.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil produk adalah media pembelajaran trainer converter beserta jobsheet, langkah-langkah penelitian ini yaitu, 1). Potensi dan masalah, 2). Pengumpulan data, 3). Desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6). Uji coba produk, 7).Analisis data. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI TAV di SMK N 7 Surabaya.
Hasil validasi trainer mendapatkan nilai prosentase sebesar 86,7%, validasi jobsheet mendapatkan prosentase sebesar 84,45%, validasi soal mendapatkan prosentase sebesar 76,5%. Untuk respon siswa terhadap media pembelajaran trainer dan jobsheet mendapatkan prosentase sebesar 80%. Sedangkan hasil belajar mendapatkan nilai rata-rata  sebesar 3,57 dengan kategori tuntas. Dengan demikian media pembelajaran trainer coverter analog to digital dan digital to analog layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TAV di SMK Negeri 7 Surabaya.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Trainer, Jobsheet
Penulis: Bagus Yuliarman Lintang Permana, Nurhayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160073

JURNAL BERHUBUNGAN: