RANCANG BANGUN ELECTRONIC GAME PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI MODEL ATOM BAHAN SEMIKONDUKTOR DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Flash yang akan diaplikasikan untuk siswa kelas X TEI di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Materi yang disajikan adalah materi memahami model atom bahan semikonduktor. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) tahapan yaitu tahapan alisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal.  Tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tujuh tahap dan diakhiri dengan tahapan alias dan pelaporan hal ini dikarenakan tidak diproduksi dalam skala yang besar (ruang lingkupnya hanya terbatas pada satu sekolah saja). Hasil penelitian pengembangan ini diperoleh dari hasil penilaian validator menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan layak digunakan dan sangat valid. Adapun penilaian yang diberikan pada tiap-tiap pernyataan adalah sebagai berikut: dari aspek format dalam pembelajaran electronic game inidinyatakan memenuhi syarat (sangat baik) dengan hasil rating 82,87 %. Adapun rinciannya adalah aspek format dalam pembelajaran electronic game ini dinyatakan sangat baik dengan rating 85.71 %, aspek ilustrasi dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 85.94%, aspek bahasa dinyatakan baik dengan hasil rating 75%, dan aspek isi dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 84.82% sehingga media electronic game dinyatakan layak digunakan untuk proses pembelajaran pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor, sedangkan respon siswa terhadap media pembelajaran electronic game  ini adalah sangat baik dengan hasil rating 79.36 %. Adapun rinciannya adalah Desain media electronic game sebesar 78.59%, Isi materi pada media electronic game sebesar 79.36%, dan Respon siswa terhadap media electronic game sebesar 80.13%, sehingga hasil hasil respon menunjukkan bahwa keseluruhan aspek media pembelajaran electronic game pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor termasuk dalam kategori Sangat Baik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, electronic game, Respon siswa
Penulis: Radhitya Dwi Hadnianto Nugroho, Lusia Rakhmawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150361

JURNAL BERHUBUNGAN: