PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (MPBM) METODE PLANTED QUESTION DAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMKN 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah metode Planted Question dengan model pembelajaran berdasarkan masalah metode Learning Starts with a Question pada mata pelajaran teknik elektronika dasar, juga untuk mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, yang termasuk kategori Quasi Experimental Design. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah metode Planted Question, sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah metode Learning Starts with a Question.
Dari hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu MPBM metode PQ didapat nilai rerata hasil belajar sebesar 87.7691 dengan standart deviasi = 7.30259, sedangkan MPBM metode LSQ didapat nilai rerata hasil belajar sebesar 78.1833 dengan standart deviasi = 7.52279. Jadi rerata hasil belajar siswa yang menggunakan MPBM metode PQ lebih tinggi dari pada siswa yang menerapkan MPBM metode PQ. Dari analisis uji-t didapat nilai thitung = 5,090 > ttabel = 2,00 sehingga dapat disimpulkan rerata hasil belajar siswa yang menggunakan MPBM metode PQ lebih tinggi dari pada siswa yang menerapkan MPBM metode PQ.
Kata Kunci: MPBM, PQ, LSQ, Hasil Belajar
Penulis: Zaenal Arifin, Meini Sondang Sumbawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150512

JURNAL BERHUBUNGAN: