PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN (AutoPlay Media Studio) SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN MEMPERBAIKI CD PLAYER SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Membandingkan perangkat pembelajaran dengan media pembelajaran yang tepat merupakan suatu alternatif dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran pada siswa di SMK Negeri 3 Surabaya. Melalui perbandingan perangkat media pembelajaran (AutoPlay Media Studio) diharapkansiswa menjadi lebih aktifsehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan perbandingan yaitu metode penelitian yang menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk.Rancangan ujicoba penelitian yang digunakan adalah The Static-Group Comparison Desain. Pada desain ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kedua kelas ini akan diberikan pretest dan postest untuk mengetahui gejala yang terjadi setelah diberikan perlakuan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki persentase rata-rata sebesar 79,06% dari hasil validasi oleh para ahli, (2) Respon siswa terhadap media Autoplay Media Studio secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 87,03%dan termasuk dalam kriteria respon sangat baik, dan (3) Dari Hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 24.451 dan ttabel sebesar 2,07. ini berarti thitung>ttabel, dapat disimpulkan untuk terima H1 dan tolak H0 dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media Autoplay Media Studiolebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Langsung.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Autoplay Media Studio, Hasil Belajar Siswa
Penulis: Moch Alfan, Edy Sulistiyo
Kode Jurnal: jptlisetrodd150465

JURNAL BERHUBUNGAN: