Penyelesaian Masalah 8-Queen Dengan Depth First Search Menggunakan Algoritma Backtracking

Abstrak: Artificial Intelligence (A.I.) atau kecerdasan buatan dapat membantu suatu program untuk bekerja dengan pemikiran program itu sendiri, sehingga meminimalisir campur tangan pengguna. Kecerdasan buatan saat ini umum digunakan dalam permainan-permainan komputer yang memungkinkan mode player atau versus computer, seperti permainan catur yang dapat berjalan dengan sendirinya. 8-Queen merupakan suatu bentuk masalah kombinatorial klasik yang menempatkan 8 bidak pada papan catur berukuran 8x8. Penyelesaian 8-Queen dengan menggunakan algoritma Brute Force di lakukan dengan mencoba keseluruhan kemungkinan penempatan 8 bidak pada papan catur yang berukuran 8 × 8 pada kolom, baris, dan diagonal yang berbeda. Namun, kompleksitas waktu yang dihasilkan sangatlah besar (lebih besar dari eksponesial). Sehingga dibutuhkan algoritma lain yang mampu menyelesaikan permasalahan 8-Queen dengan kompleksitas waktu yang lebih kecil dibandingkan dengan algoritma Brute Force.
Kata kunci: Kecerdasan Buatan, Algoritma, Backtracking, Brute Force, Catur, Kompleksitas, 8-Ratu
Penulis: Muhammad Khoirussolih, Galang Wicaksono, Muhammad Prayogi3, Rezky Nurrohman
Kode Jurnal: jptlisetrodd150540

JURNAL BERHUBUNGAN: