Penyelesaian Masalah 8-Puzzle dengan Algoritma Steepest-Ascent Hill Climbing
Abstrak: 8 puzzle merupakan
salah satu implementasi dari Artificial Intelegence. Dalam proses penyelesaiannya
banyak terdapat algoritma-algoritma pencarian yang dapat diterapkan. Solusi 8
puzzle akan lebih cepat diperoleh jika digunakan prinsip array dengan variasi
algoritma Steepest-Ascent Hill Climbing (Hill Climbing dengan memilih
kemiringan yang paling tajam / curam) dengan parameter heuristik posisi yang
benar dan heuristik jarak serta dikombinasikan dengan LogList sebagai
penyimpanan state state yang pernah dilalui untuk menanggulangi permasalah pada
algoritma hill climbing itu sendiri dan terhindar dari looping state yang
pernah dilalui. Metode-metode yang termasuk ke dalam teknik pencarian yang
berdasarkan pada fungsi heuristik salah satu diantaranya adalah Hill Climbing,
Best First Search, A* (A Bintang). Loglist merupakan tempat penyimpanan setiap
kunjungan dari state-state puzzle yang telah dilakukan untuk menghindari
looping atau pengulangan terhadap state yang pernah dilalui. Untuk
menanggulangi permasalahan pada SteepestAscent Hill Climbing.
Penulis: David Abraham, Indra
W. Permana, Rangga Adi Nugraha, Moch. Alvian, Hanif
Kode Jurnal: jptlisetrodd150540