PENGENDALIAN PINTU PAGAR GESER MENGGUNAKAN APLIKASI SMARTPHONE ANDROID DAN MIKROKONTROLER ARDUINO MELALUI BLUETOOTH

Abstract: Untuk membuka pintu pagar geser biasanya dilakukan secara konvensional yaitu dengan mendorongnya, membuka maupun menutup. Seiring perkembangan teknologi elektronika, pintu pagar dapat dibuka dan ditutup secara otomatis menggunakan remote control. Namun hal tersebut masih kurang efektif, karena remote control untuk membuka dan menutup pintu harus dibawa pemilik rumah sewaktu ia akan meninggalkan rumah, dan setiap pemilik rumah harus memiliki satu remote control khusus untuk membuka pintu pagar geser rumah. Pada penelitian ini, penulis mencoba membuat alat pengendali pintu pagar geser menggunakan aplikasi smartphone android dan mikrokontroller arduino melalui bluetooth, agar mempermudah penggunaannya dan menggantikan fungsi remote control.
Dengan menerapkan bluetooth pada handphone android yang terkoneksi ke modul bluetooth pada arduino, kemudian sistem dikontrol melalui handphone android untuk mengirimkan data ke arduino agar diolah untuk mengontrol kondisi motor, sehingga pintu pagar dapat dibuka dan dirtutup secara otomatis. Pengontrolan motor dan LED Indikator melalui arduino menggunakan sensor bluetooth dan photodioda dapat bekerja dengan baik. Dari hasil pengujian didapatkan maksimal pengontrolan mengunakan bluetooht dapat dipergunakan dengan jarak ± 10 meter dan jika melebihi jarak tersebut maka system akan mengalami error connection, untuk photodioda digunakan untuk mengontrol kondisi pintu untuk bukaataututup setengah pintu pagar.
Kata kunci: Pintu Pagar Geser,Pintu Pagar Otomatis, Remote Control, handphone anrdoid, bluetooth, modul bluetooth, Arduino
Penulis: Andi Syofian
Kode Jurnal: jptlisetrodd160192

Artikel Terkait :