PENGEMBANGAN TRAINER PARKIR MOBIL SISTEM INFORMATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT PLC KELAS XI TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Abstrak: PLC merupakan mata diklat jurusan otomasi Industri di SMKN 3 Boyolangu yang tingkat pemrograman yang diajarkan sudah mencapai instruksi aritmatika, namun belum ada media trainer dalam mengaplikasikan instruksi aritmatika yang diajarkan tersebut. Sedangkan yang dibutuhkan siswa bukan hanya sekedar teori saja tapi juga membutuhkan praktik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media  pengembangan trainer parkir mobil sistem informatifdi SMK Negeri 3 Boyolangu(2) Mengetahui respon siswa terhadap trainer parkir mobil sistem informatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang termasuk kedalammetode penelitian Research and Development ( R & D ). Penelitian ini dibatasi pada 7 tahap yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) analisis dan pelaporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trainer parkir mobil sistem informatif yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukan dari hasil validasi ahli materi dan ahli media yang mendapatkan presentase penilaian pada kelayakan trainer dengan hasil rating 87,67% dan masuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap trainer parkir mobil sistem informatif mendapatkan rating 87,74% dengan demikian trainer parkir mobil sistem informatif mendapatkan respon siswa yang sangat layak.
Kata Kunci: Trainer parkir mobil,    hasil validasi trainer, respon peserta didik
Penulis: Agung Wahyu Sekar Alam, Bambang Suprianto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150432

JURNAL BERHUBUNGAN: