PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROL BERBASIS ATMEGA16 DENGAN MENERAPKAN APLIKASI KIT SENSOR ULTRASONIC DAN KIT SENSOR INFRA RED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESSOR DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan trainer mikrokontrol Atmega16 dengan menerapkan aplikasi kit sensor ultrasonic dan kit sensor infra red serta jobsheet sebagai bahan ajar pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan trainer mikrokontrol berbasis Atmega16.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Analisis data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode validasi dan metode angket.
Hasil penelitian ini adalah berupa trainer mikrokontrol berbasis Atmega16 yang telah divalidasi dinyatakan sangat baik dengan rata-rata presentase sebesar 86,43%. Jobsheet trainer mikrokontrol Atmega16 dinyatakan sangat baik dengan rata-rata presenstase sebesar 83,94%. Respon siswa terhadap penerapan jobsheet dan trainer mikrokontrol berbasis Atmega16 dinyatakan baik dengan rata-rata presentase sebesar 79,7%, sehingga dapat disimpulkan bahwa jobsheet dan trainer mikrokontrol Atmega16 dengan menerapkan aplikasi kit sensor ultrasonic dan kit sensor infra red dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya.
Kata Kunci: Trainer Mikrokontrol Atmega16, Research and Development, Teknik Mikroprosessor
Penulis: Rochman Adi S.P, Bambang Suprianto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160069

JURNAL BERHUBUNGAN: