PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOBSHEET MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL DI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 1 BANGIL

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer dan jobsheet mikrokontroler sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol di SMK Negeri 1 Bangil. Selain itu bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran trainer dan jobsheet mikrokontroler pada kompetensi dasar menguji coba dan mendemonstrasikan bahasa pemrograman mikrokontroler untuk berbagai operasi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sebagai pendukung dengan model yang disebut 4-D (Four D Models) dan dalam penelitian ini terdapat 4 tahap yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, serta hasil respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media trainer dan jobsheet yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi diperoleh rating validasi trainer sebesar 98.08% dengan kategori sangat baik dan rating validasi jobsheet sebesar 96.4% dengan kategori sangan baik. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat pada media trainer dan jobsheet mikrokontroler dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 81.4% yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan rating tersebut, trainer dan jobsheet mikrokontroler yang telah di buat dinyatakan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol di SMK Negeri 1 Bangil.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Trainer dan Jobsheet Mikrokontroler, Metode Penelitian 4-D
Penulis: Zainal Arifin, Muhammad Syariffuddien Zuhrie
Kode Jurnal: jptlisetrodd160057

JURNAL BERHUBUNGAN: