PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOBSHEET MIKROKONTROLLER BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESSOR DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya. Selain itu bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno pada kompetensi dasar menerapkan pemrograman input-output analog digital.
Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisis potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) revisi desain, (6) tahap uji coba produk, (7) tahap analisis dan pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, serta hasil respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media trainer dan jobsheet yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi diperoleh rating validasi trainer sebesar 96% dengan kategori sangat baik dan rating validasi jobsheet sebesar 92,85% dengan kategori sangat baik. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat pada media trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 77,28% yang dikategorikan baik. Berdasarkan rating tersebut, trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Trainer dan Jobsheet Mikrokontroller Arduino Uno, R&D
Penulis: Muhammad Ikhwan Ridha, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150414

JURNAL BERHUBUNGAN: