PENGEMBANGAN TRAINER BERBASIS MIKROKONTROLLER BERBENTUK APLIKASI TEMPAT PARKIR OTOMATIS SEBAGAI ALAT BANTU PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH BENGKEL ELEKTRONIKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstrak: Dalam penelitian skripsi ini mempunyai beberapa media pembelajaran yang terdiri dari jobsheet dan trainer.Media pembelajaran yang telah dibahas pada penelitian tersebut mempunyai tujuan untuk dapat mengetahui suatu tingkat kelayakan trainer aplikasi tempat parkir otomatis sebagai media pembelajaran untuk praktikum mahasiswa pada Mata Kuliah Bengkel Elektronika di Universitas Negeri Surabaya.
Metode Penelitian yang telah dibahas dan digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R & D).Metode penelitian ini termasuk salah satu yang paling efektif sebagai pengembang kreativitas mahasiswa. Untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer aplikasi tempat parkir otomatis dilakukan beberapa validasi yaitu (1) validasi trainer dan validasi jobsheet oleh 3 validator, (2) penilaian tingkat  psikomotor dari mahasiswa tehadap tingkat keterbacaan jobsheet. Pada penelitian ini di uji-coba kan secara terbatas kepada 10 mahasiswa S1 Elkom 2010 yang hasilnya untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer terhadap pengembangan media pembelajaran tersebut.
Dalam penilaian tingkat kelayakan trainer aplikasi tempat parkir otomatis dibagi menjadi 2 bagian yaitu: (1) uji kelayakan pada trainer yang dinyatakan telah memenuhi beberapa syarat terbaik yang berupa hasil rating / prosentase pada trainer 93,24. (2) uji kelayakan pada jobsheet yang dinyatakan telah memenuhi beberapa syarat terbaik dengan hasil rating / prosentase pada jobsheet 92,63. Dari hasil rating dan prosentase nya, maka media pembelajaran ini sangat layak digunakan. Untuk pengujian tingkat keterbacaan jobsheet, uji keterbacaan jobsheet percobaan pertama mempunyai hasil prosentase 88,06%, uji keterbacaan jobsheet percobaan kedua mempunyai hasil prosentase 85,3%, uji keterbacaan jobsheet percobaan ketiga mempunyai hasil prosentase 88,33%, uji keterbacaan jobsheet percobaan keempat mempunyai hasil prosentase 88,61%, dan uji keterbacaan jobsheet percobaan kelima mempunyai hasil prosentase 87,22%.
Kata Kunci: research and development, trainer aplikasi tempat parkir otomatis, jobsheet aplikasi tempat parkir otomatis
Penulis: Ferry Yanutriswanto, Bambang Suprianto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150463

JURNAL BERHUBUNGAN: