PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DENGAN MEDIA CIRCUIT WIZARD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTIONS) BERBASIS KURIKULUM 2013

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan  di SMK Negeri 1 Kediri, dengan tujuan untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan media circuit wizard menggunakan model pembelajaran langsung (2) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan media circuit wizard menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan media circuit wizard menggunakan model pembelajaran langsung yang dikembangkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau  Research and Development (R&D). Pengembangan perangkat pembelajaran diujicobakan kepada siswa X TITL 1 dengan jumlah 30 dan siswa X TITL 2 dengan jumlah 30 tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar dan tes hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran dasar dan pengukuran listrik dinilai oleh validator dikategorikan sangat baik dengan presentase rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencapai 94,8%, buku ajar 93,75%, dan butir soal pretest-posttest sebesar 87,5%. (2) Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran siswa yang diperoleh ketika dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi dasar dan pengukuran listrik mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik yaitu sebesar 78,8%, 88,5%, dan 96,2 %. (3) Perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori efektif karena hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, hasil pengamatan respon siswa tergolong baik, dan aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Kata Kunci: model pembelajaran langsung, circuit wizard
Penulis: Faissal Rachman, Euis Ismayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150351

Artikel Terkait :