PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) BERBANTUAN SOFTWARE PROTEUS UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI BELAJAR SISWA

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 serta kemampuan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran self-directed learning (SDL) berbantuan software simulasi Proteus. Penelitian ini akan mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran model SDL berbantuan software Proteus, respon siswa, hasil belajar yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan, dan kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Elektronika Dasar.
Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, yakni: (1) studi pendahuluan, (2) merancang desain perangkat pembelajaran model SDL, (3) validasi dan revisi, dan (4) ujicoba perangkat pembelajaran pada siswa kelas X jurusan audio video SMK Negeri 5 Surabaya dan revisi final. Desain ujicoba empiris menggunakan The One Group Pretest-Postest Design. Untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah mengikuti proses belajar SDL dengan bantuan software Proteus, maka pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan teknik uji-t.
Hasil penelitian berupa hasil validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan yakni Silabus, RPP, Modul, LP, dan Lembar Angket Respon peserta didik berkategori baik dan layak digunakan. Respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dinyatakan positif dengan prosentase respon sebesar 84,4%. Ketuntasan belajar klasikal pada kompetensi pengetahuan sebesar 61,29%. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran SDL.
Kata Kunci: kompetensi belajar siswa, model belajar self directed-learning, software Proteus
Penulis: Dicky Mahesa Putra, Lusia Rakhmawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150515

JURNAL BERHUBUNGAN: