PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN SOFTWARE ISIS PROTEUS DAN CODEVISIONAVR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPOSESSOR

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan software ISIS Proteus dan CodeVisionAVR, melatihkan nilai-nilai karakter serta mengetahui ketuntasan belajar siswa yang meliputi pengetahuan dan keterampilan (keterampilan proses dan psikomotor), terhadap pembelajaran mata pelajaran teknik mikroprosesor.
Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, yakni (1) pendahuluan; (2) mendesain perangkat pembelajaran dengan mengacu model pengembangan instructional development cycle; (3) validasi dan revisi; (4) mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 36 siswa kelas X TEI SMK Negeri 3 Jombang. Rancangan ujicoba menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar kognitif produk yang diperlukan, maka pada penelitian ini menggunakan teknik analisis menggunakan uji Sign test dan uji Binomial test.
Temuan hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dilengkapi Kunci LKS, dan Lembar Penilaian (LP) dilengkapi dengan Kunci LP dikategorikan baik. Nilai-nilai karakter siswa diantaranya saling menghargai, tidak mudah putus asa, bertanggung jawab, bekerja sama, dan jujur memperoleh nilai kompetensi baik. Persentase ketuntasan belajar pengetahuan siswa sebesar 91,7%, persentase ketuntasan ketrampilan proses siswa sebesar 100%, sedangkan persentase ketuntasan belajar ketrampilan psikomotor siswa sebesar 100%. Pada uji sign test diperoleh nilai Z sebesar -5.747 dan signifikansi sebesar 0.00 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikannya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Pada uji binomial test diperoleh nilai  signifikansi sebesar 0.00 sehingga disimpulkan bahwa kompetensi yang dimiliki siswa lebih tinggi dari KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dan hasil belajar meningkat dari sebelumnya.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif GI, software ISIS Proteus dan CodeVisionAVR
Penulis: Mohamad Yusuf Yudha Pratama, Meini Sondang Sumbawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150460

JURNAL BERHUBUNGAN: