PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARRY GO ROUND (KELILING KELOMPOK) DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe marry go round (keliling kelompok). Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang ada di sekolah, potensi akademik yang dimiliki siswa, kualitas perangkat pembelajaran kooperatif tipe marry go round (keliling kelompok), keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, dan kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan research and development (R & D) yang dilakukan dengan empat langkah yaitu studi pendahuluan, mendesain perangkat pembelajaran, validasi dan revisi perangkat pembelajaran, dan uji coba perangkat pembelajaran pada 29 siswa kelas XI TITL SMK Raden Patah Mojokerto dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Postest Design.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas perangkat di SMK Raden Patah Mojokerto tergolong rendah sehingga peneliti memutuskan untuk membuat perangkat pembelajaran yang baru. Persentase potensi akademik siswa menunjukkan 75,86% tingkat potensi akademik baik dan 24,13% tingkat potensi akademik sangat baik. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan perangkat siabus berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,18, rancangan pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,22, lembar kerja siswa berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,11, dan lembar penilaian memiliki kategori baik dengan rata-rata nilai 3,03. Untuk keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,63. Persentase respon siswa memiliki kategori baik dengan rata-rata data 23 siswa memiliki respon berkategori baik dari 29 siswa. Kompetensi sikap spiritual berkategori baik dengan rata-rata total 3,03. Kompetensi sikap sosial berkategori baik dengan rata-rata sikap jujur 3,05, sikap disiplin 3,01, sikap kerjasama 3,04, dan sikap tanggung jawab 3,17. Hasil kompetensi pengetahuan siswa menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai pre-test 44,51 dan rata-rata nilai post-test 84,17. Sedangkan hasil belajar kompetensi keterampilan mendapatkan kriteria penilaian sangat baik dengan rata-rata nilai praktikum 81.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif Marry Go Round
Penulis: Mochamad Choirul Rofik, Ismet Basuki
Kode Jurnal: jptlisetrodd150511

JURNAL BERHUBUNGAN: