PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR DI KELAS X-1 SMK AL-IKHLAS MULYOREJO

Abstrak: Penelitian ini menghasilkan seperangkat pembelajaran yang terdiri dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Media Trainer. Adapun yang melatar belakangi adanya penelitian ini adalah pendidikan di SMK yang berorientasi pada kegiatan praktik. Diperlukan singkronisasi dalam cara penyampaian guru terhadap murid, sehingga murid bisa menyerap pelajaran dengan baik. Maka dari itu, diperlukan adanya pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dalam penyampaian materi pembelajaran selama kegiatan praktik. Perangkat pembelajaran berbasis proyek dinilai lebih sesuai untuk kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar, khususnya pada siswa kelas X TKJ 1  SMK Al Ikhlas Mulyorejo Gresik.
Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) tahapan yaitu : (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk, (7) tahap revisi produk, (8) tahap uji coba pemakaian, (9) tahap revisi produk, dan (10) tahap produksi masal. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, hasil penilaian kinerja praktikum siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan media pembelajaran, serta hasil respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berbasis proyek.
Berdasarkan hasil penelitian , diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam pengembangan perangkat pembelajaran dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 87,30 %. Kemampuan siswa dalam menggunakan perangkat pembelajaran dikategorikan baik dengan rata-rata hasil penilaian kinerja sebesar 83,00%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat dalam perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinilai mendapat respon positif dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 79,47 % yang dikategorikan baik. Hal ini menunjukkan bahwa pearangkat pembelajaran yang dikembangkan ini layak  dan baik digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan perangkat pembelajran, Metode penelitian R&D
Penulis: AM Mukhlis Indrawan, Syarifuddien Zuhrie
Kode Jurnal: jptlisetrodd150390

JURNAL BERHUBUNGAN: