PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang bekualitas dengan model pembelajaran kooperatif STAD untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Lebih lanjut tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan model of instructional development yang dikembangkan oleh Fenrich, dengan subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 dan X TITL 2 Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 5 Surabaya. Pada penelitian ini rancangan ujicoba yang digunakan adalah static-group pretest-postest design.
Hasil penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang berkategori valid, ketuntasan klasikal hasil belajar pengetahuan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan dilatih keterampilan berpikir kritis sebesar 90%, hasil belajar keterampilan berpikir kritis sebesar 93% hasil belajar psikomotor sebesar 100%, serta rata-rata hasil belajar sikap yang berada pada kategori baik. Keterlaksanaan perangkat pembelajaran berkategori efektif dengan rata-rata 3,72. Lebih lanjut respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dengan persentase 93% siswa merasa senang selama mengikuti pembelajaran. Sebesar 100% guru menyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memberi kemudahan guru untuk mengajar dan siswa belajar.
Kata Kunci: pengembangan perangkat, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, keterampilan berpikir kritis
Penulis: Umi Karuniawati, Euis Ismayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160028

JURNAL BERHUBUNGAN: