PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO

Abstrak: Dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia maka perlu diciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, demokratis serta membangun kesadaran untuk bersaing bagi para peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut guru dapat menerapkan salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Contextual Teaching and Learning (CTL) atau pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran teknik listrik di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pada penelitian pengembangan teknik pembelajaran ini peneliti menggunakan model pengembangan yang disebut dengan 4-D (Four D-Model). Rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Sasaran penelitian ini adalah  siswa kelas XI program keahlihan Kelistrikan Kapal. Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan dengan validasi para ahli yaitu dosen dan guru. Untuk mengetahui hasil motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran kontekstual dengan memberikan angket kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran mencakup RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKS (Lembar Kerja Siswa), bahan ajar, angket motivasi belajar, soal evaluasi. Validasi perangkat pembelajaran untuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mendapatkan hasil rating 77,33%, LKS (Lembar Kerja Siswa) mendapatkan hasil rating 78%, bahan ajar mendapatkan hasil rating 76,57%, angket motivasi belajar mendapatkan hasil rating 78,75%, soal evaluasi mendapatkan hasil rating 76,42%, (2) Persentase pemberian motivasi belajar terhadap siswa mengalami peningkatan sebesar 90,62%, (3) Persentase prestasi belajar siswa mendapatkan hasil rating sebesar 93,75%.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And  Learning), Dan Model Pengembangan 4-D (Four D-Model)
Penulis: Eki Pristiyanto, Nur Kholis
Kode Jurnal: jptlisetrodd150480

Artikel Terkait :