PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstrak: Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran konvesional pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran konvensional, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered Head Togeteher (NHT) adalah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan R&D. Langkah-langkah pada penelitian pengembangan ini ada 7tahapan yaitu(1) tahap potensi dan masalah; (2) tahap pengumpulan data; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi desain; (6) tahap ujicoba produk; (7) tahap revisi produk.
Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan dengan metode pembelajaran mind mapping dinyatakan baik dengan rincian sebagai berikut: (1) Silabus 78.35%,  (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 76.67%, (3) Lembar Kerja Siswa 78%, (4) LP. Pengetahuan 74.25%, (5) LP. Proses dan Psikomotor 73.86%, dan (6) materi ajar 79.69%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen yang dikembangkan dalam perangkat pembelajaran tersebut valid dan layak digunakan. Persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90.91 % dan nilai rata-rata kelas 82.43 yang berarti ketuntasan belajar klasikal tuntas. Sedangkan jika ditinjau dari uji t diketahui bahwa t hitung sebesar 7.775 dimana nilai tersebut lebih besar dibandinkan dengan t tabel sebesar 1.697 yang artinya ketuntasan rata-rata hasil belajar siswa setelah pemberian treatment berupa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)  lebih besar dari KKM sekolah (75).
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, NHT, R&D
Penulis: Okie Setyo Firman Danny, Edy Sulistyo
Kode Jurnal: jptlisetrodd150398

JURNAL BERHUBUNGAN: