PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMPETENSI MEREKAM AUDIO DI STUDIO DI SMKN 2 SURABAYA

Abstrak: Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran langsung pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran langsung, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang berbeda, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif.
Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisi masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan.
Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada model pembelajaran Guided Teaching dinyatakan baik dengan hasil rating 74,185% dan respon siswa terhadap pengembangan perangk0at pembelajaran menggunakan model pembelajaran Guided Teaching dinyatakan baik dengan hasil rating 82,85%. Rata-rata Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,981% dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,635%. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t didapat nilai t hitung 3,501 dan t tabel pada taraf signifikan 5% (0,05) adalah 1,67. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided teaching mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Perangkat Pembelajaran
Penulis: Yulianto, Edy Sulistyo
Kode Jurnal: jptlisetrodd150384

JURNAL BERHUBUNGAN: