PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK NEGERI 1 CERME GRESIK

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan desain model CTL yang layak untuk digunakan. Model pembelajaran CTL menekankan pada tujuh prinsip pembelajaran, yaitu konstruktivisme; menemukan; bertanya; masyarakat belajar; pemodelan; refleksi; dan penilaian sebenarnya. Ketujuh prinsip tersebut dimasukkan ke dalam kompenen perangkat pembelajaran dan diharapkan dapat membantu tercapainya hasil belajar yang baik serta membuat siswa menjadi lebih aktif.
Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri atas 10 tahapan. Dalam penelitian ini hanya melaksanakan tujuh tahap, yaitu Tahap Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, serta Analisa dan Pelaporan. Penelitian ini disebut sebagai uji coba terbatas, karena tidak dilaksanakan pada lingkup yang luas (lingkup penelitian terbatas pada satu sekolah).
Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan desain model CTL termasuk dalam kategori sangat valid dengan rincian : hasil rating silabus sebesar 83,5 %; RPP sebesar 77,4 %; buku ajar 80,8 %; dan LKS 80 %. Hasil belajar antara siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan perangkat pembelajaran model CTL menunjukkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan tersebut. Dengan patokan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Persentase ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen mencapai 93,7 %, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 65,6 %. Hasil pengamatan aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai rating 83,6 %.
Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan perangkat pembelajaran yang didesain dengan model CTL lebih baik dari siswa yang tidak dibelajarkan dengan perangkat pembelajaran tersebut. Selain itu, tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan model CTL termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: CTL, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa
Penulis: Syaifuddin, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150367

JURNAL BERHUBUNGAN: