PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN PROTEUS PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk membuat modul pembelajaran yang layak digunakan ditinjau dari; (1) validitas modul pembelajaran berbantuan Proteus, (2) pencapaian hasil belajar siswa setelah belajar menggunakan modul pembelajaran berbantuan Proteus, serta (3) respon siswa kelas terhadap modul pembelajaran berbasis Proteus.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Desain penelitian ini menggunakan One Shot Case Study, dimana dalam penelitian ini diambil satu sampel sebagai pembanding yaitu siswa kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis hasil rating, rata-rata, persentase skor, serta kesimpulan.
Hasil produk dalam penelitian ini adalah Modul Pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika yang telah divalidasi  dan diperoleh rating sebesar 79,11% dengan kriteria layak, validasi soal tes diperoleh hasil rating sebesar 79,44% dengan kriteria layak juga. Sedangkan hasil belajar siswa dengan modul diperoleh rata-rata kelas sebesar 3,12 dengan ketuntasan klasikal 92,85% sehingga hasil belajar siswa dapat dikategorikan tuntas, terakhir untuk respon siswa tehadap modul pembelajaran diperoleh rating sebesar 81,81% dengan kriteria setuju. Dengan hasil penelitian yang demikian Modul Pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini tuntas. Hal ini membuktikan bahwa modul pembelajaran penerapan rangkaian elektronika layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Penerapan Rangkaian Elektronika, Research & Development (R&D)
Penulis: Agusti Randi Sukron, Nurhayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160072

JURNAL BERHUBUNGAN: