PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIKA DASAR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA TERHADAP SISWA DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

Abstrak: Observasi yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa di SMK Negeri 2 Bangkalan memang mempunyai pegangan pembelajaran berupa modul tapi modul yang digunakan belum sesuai dengan potensi siswa dan kurang sesuai dengan standar modul, jadi secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi siswa di SMK Negeri 2 Bangkalan dan kualitas modul pembelajaran.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan modul pembelajaran. Pengembangan modul pembelajaran ini mengacu pada pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X TEI 1.
Rancangan uji coba yang digunakan untuk pengambilan data adalah desain pengembangan 4D yang menghasilkan data sebagai berikut, hasil validasi dosen UNESA serta guru SMK mendapat rata – rata dari kelayakan dengan nilai validitas sebesar 85%, yang berdasarkan analisis hasil validasi modul 3 aspek, yaitu bahasa, isi dan cover. Respon siswa terhadap modul elektronika dasar sangat baik, dengan persentase tampilan modul sebesar 78.08 %. Sedangkan kemudahan dalam memahami modul dengan presentase rata – rata 88.3 %. Jadi hasil keseluruhan modul ini mendapat presentase sebesar 83,19% maka dapat disimpulkan bahwa dapat/ layak digunakan.Dari pernyataan tersebut bahwa respon belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran meningkat dibandingkan dengan siswa sebelum menggunakan modul pembelajaran. Saran dari peneliti adalah dalam pengembangan modul hendaknya tidak hanya pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika saja diharapkan pengembangan modul bisa menyeluruh untuk semua standar kompetensi agar dapat membantu siswa dalam pembelajaran, dan pengembangan modul selanjutnya diharapkan memberikan konsep yang lebih bagus dan lebih menarik siswa untuk lebih menyenangi melakukan pembelajaran sendiri dengan modul agar meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran dan respon siswa
Penulis: Chandra Ainur Rizki, I Gusti Putu Asto B
Kode Jurnal: jptlisetrodd150377

JURNAL BERHUBUNGAN: