PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES YANG DILENGKAPI SOFTWARE DSCH2 UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DAN MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berupa modul dengan model penelitian pengembangan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul berorientasi keterampilan proses yang dilengkapi software DSCH2 untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Dengan modul ini diharapkan siswa mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan melatihkan keterampilan berpikir kritis.
Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D (four D-Models). Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun dalam penelitian ini, pengembangan modul hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (Develop). Karena tahap penyebaran (Disseminate) tidak di lakukan peneliti di karenakan peneliti hanya ingin mengetahui tingkat kelayakan modul dari hasil validasi oleh para ahli dan ketuntasan belajar siswa.
Hasil validitas modul dinyatakan sangat layak dengan persentase 88.43%. Keterlaksanaan pembelajaran modul adalah sangat baik pada pertemuan I, II dan III dengan persentase 90%, 93.75% dan 97.5%. Ketuntasan belajar siswa pada kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan seluruh siswa telah mencapai ketuntasan. Pada kompetensi pengetahuan menunjukkan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dari 0% menjadi 84% siswa yang tuntas belajar secara individual. Hasil keterampilan berpikir kritis siswa mempunyai kualifikasi keterampilan berpikir kritis dengan rata-rata baik (B). Kesimpulan peneliti adalah modul berorientasi keterampilan proses yang dilengkapi software DSCH2 untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran dan melatihkan kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: modul, keterampilan proses, software DSCH2, keterampilan berpikir kritis
Penulis: Putri Silaturrachmi, Munoto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150492

JURNAL BERHUBUNGAN: