PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan software AutoPlay Media Studio ini bertujuan untuk  menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kriteria materi, navigasi, bahasa dan tampilan. Selain itu juga untuk mengetahui hasil respon siswa terhadap media pembelajaran AutoPlay Media Studio dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 3 Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai langkah pembelajaran yang diterapkan menggunakan Research and Development (R&D). Dengan alur penelitian (1) Potensi dan dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba produk, (7) Analisis dan pelaporan.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan software AutoPlay Media Studio yang telah divalidasi oleh validator dengan rekapitulasi hasil rating sebesar 91,53%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 84,78%. Hal ini mennjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, AutoPlay Media Studio, Research and Development (R&D)
Penulis: Inesa Wijaya, Lusia Rakhmawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150424

JURNAL BERHUBUNGAN: