PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan software Macromedia ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) mengetahui kelayakan, (2) mengetahui respon siswa, dan (3) untuk mengetahui tingkat kelulusan siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan software Macromedia Flash.
Metode penelitian pada penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D), menggunakan desain penelitian One-shot Case. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba pemakaian, (7) analisa dan pelaporan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan melibatkan 32 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan soal tes untuk mengetahui tingkat kelulusan siswa.
Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan software Macromedia Flash dengan hasil rating 79,75% termasuk dalam kategori baik atau layak. Respon dari siswa untuk media pembelajaran interaktif adalah 84,23% termasuk dalam kategori baik, dan hasil kelulusan belajar siswa adalah 93,3% termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbantuan software Macromedia Flash pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika baik dan layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran karena setiap aspek penilaian yaitu kelayakan, respon siswa mendapatkan kategori baik dan hasil kelulusan mendapatkan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif, Kelayakan, R&D
Penulis: Vivit Febrian Danang Priandana, I Gusti Putu Asto B
Kode Jurnal: jptlisetrodd150484

JURNAL BERHUBUNGAN: