PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR KELAS X TEI DI SMKN 2 BANGKALAN

Abstrak: Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis komputer ini bertujuan untuk: membuat produk berupa media pembelajaran berbasis komputer menggunakan software adobe flash pada mata pelajaran teknik mikroprosesor yang layak. Dikatakan layak ditinjau dari validitas media, efektifitas dari ketuntasan tes hasil belajar dan hasil respon siswa.
Pengembangan media pembelajaran CBI ini dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash CS6. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian one-shot case study pada kelas X TEI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil rating 79,41%. Ketuntasan tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa 3,09 dengan predikat B dapat dinyatakan tuntas dalam belajar. Kategori sangat baik  diperoleh dari respon siswa dengan hasil rating 86,65%.
Katakunci: Media Pembelajaran, berbasis komputer, Adobe Flash CS6 dan Teknik Mikroprosesor
Penulis: Sholihah Fitria Ningrum, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160099

JURNAL BERHUBUNGAN: