PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PDF BERBASIS VIDEOGRAPHY DAN PHOTOGRAPHY PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran portofolio PDF berbasis videography dan photography pada mata pelajaran elektronika dasar sebagai modul pegangan siswa dalam melakukan praktik merakit catu daya sederhana.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) sebagaimana metode ini paling efektif digunakan untuk meneliti pemberian hal baru kepada objek yang diteliti. Penelitian ini melibatkan 35 siswa dan siswi kelas  teknik Audio Video SMKN 3 Surabaya. Responden mengisi kuisioner setelah siswa melihat media pembelajaran portofolio PDF berbasis videography dan photography. Siswa juga akan diuji tingkat pemahamannya dengan merakit catu daya sederhana yang terbagi atas 5 kelompok.
Pada penilaian tingkat kelayakan media memiliki 4 aspek dengan 2 dosen ahli dan 1 guru mata pelajaran sebagai penilai. menilai aspek format media memiliki persentase 100%, aspek kejelasan media persentase 91,66%, aspek format modul dengan persentase 87,50, dan aspek kejelasan modul dengan persentase 100%. Sedangkan pada tingkat respon siswa juga memiliki 4 aspek yang dinilai oleh 35 siswa SMKN 3 Surabaya yakni aspek format media dengan persentase 92,85%, aspek kejelasan media dengan persentase 90,35%, aspek format modul dengan persentase 92,85%, aspek kejelasan modul dengan persentase 89,64%. Pada penilaian observator memiliki 2 aspek yang dinilai olah 3 mahasiswa aktif yakni aspek motivasi belajar dengan persentase 83,33%, dan aspek aktivitas siswa dengan persentase 83,33%.
Kata Kunci: Research and development, portofolio PDF berbasis Videography Photography, Audio Video
Penulis: Aditya Gilang Permana, Edy Sulistiyo
Kode Jurnal: jptlisetrodd150471

JURNAL BERHUBUNGAN: