PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE CAPTIVATE 8 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membuat media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate 8 yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik listrik ditinjau dari validitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. (2) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate 8 pada mata pelajaran teknik listrik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan   R&D   (research   and   development), yaitu: (1) Tahap potensi dan masalah, (2) Tahap pengumpulan data, (3) Tahap desain produk, (4) Tahap validasi desain, (5) Tahap revisi desain, (6) Tahap ujicoba produk, (7) Tahap analisa dan pelaporan.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah produk media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate 8. Media pembelajaran yang di validasi dalam kategori sangat valid dengan presentase hasil rating sebesar 90,4%. Sedangkan hasil belajar siswa diketahui bahwa rata-rata nilai siswa 2,89 dengan predikat B sehingga dapat  dinyatakan tuntas dalam belajar. Di tinjau dari hasil validasi dan ketuntasan hasil belajar siswa maka media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate 8 layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa pada mata pelajaran teknik listrik. Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 85,2%.
Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, (R&D), Respon siswa
Penulis: Arif Ardiyanto, Nur Kholis
Kode Jurnal: jptlisetrodd150426

JURNAL BERHUBUNGAN: