PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEMARI PENDINGIN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGRASI PENDINGIN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigrasi yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif lemari pendingin. (2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigrasi menggunakan media pembelajaran interaktif lemari pendingin (3) mengetahui tingkat validitas atau kelayakan media pembelajaran interaktif lemari pendingin pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigrasi.
Jenis metode penelitian dari judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lemari Pendingin Menggunakan Adobe Flash CS4 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigrasi” adalah Research and Development (R&D), artinya metode untuk menghasilkan produk, dalam hal ini adalah media interaktif lemari pendingin. Rancangan penelitiannya menggunakan eksperimen semu (quasi-experimental research), dengan bentuk nonequivalent control group desain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan model pembelajaran langsung menggunakan media interaktif pada nilai rata – rata posttest adalah 82.35% dengan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran langsung tanpa media interaktif pada nilai rata – rata posttest adalah 72.94% pada mata pelajaran system dan instalasi refrigrasi yang mengacuh pada nilai KKM yaitu KKM >75. Dapat juga di lihat dari nilai hasil belajar ranah afektif dan psikomotor pada kelas eksperimen berturut-turut adalah 83,68% dan 83.81% sedangkan untuk nilai hasil belajar ranah afektif dan psikomotor pada kelas kontrol berturut-turut adalah 81,91% dan 82.84%. (2) Hasil angket respon siswa setelah menggunakan media interaktif memperoleh prosentase 89.60% dan termasuk dalam kategori sangat baik. (3) Hasil rating validasi instrumen media interaktif mencapai prosentase 81.58% dan termasuk dalam kategori sangat valid. Dari keseluruhan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media interaktif lemari pendingin dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: sistem dan instalasi refrigrasi, media interaktif lemari pendingin, peningkatan hasil belajar
Penulis: Alnovian Rosiantri, Endryansyah
Kode Jurnal: jptlisetrodd150366

JURNAL BERHUBUNGAN: