PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Professional 8 pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 1 Sidoarjo, Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI TIPTL SKMN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada saat sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Professional 8.
Hasil belajar siswa yang diteliti meliputi ranah pengetahuan, afektif dan psikomotor. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, untuk tahap pertama adalah persiapan dan perencanaan, tahap kedua adalah pelaksanaan penelitian, tahap ketiga adalah penyajian hasil penelitian. Penelitian yang dilaksanakan pada kelas XI TIPTL SMKN 1 Sidoarjo menggunakan rancangan Research and Development (R & D).
Hasil penelitian menunjukan hasil belajar sebelum diberikan media pembelajaran nilai ranah pengetahuan rata-rata 62,84 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 0%. Sedangkan setelah diberikan media pembelajaran nilai ranah pengetahuan rata-rata 85.42, nilai ranah afektif rata-rata 79.11 dan nilai ranah psikomotor rata-rata 78.64, sehingga nilai rata-rata total 81.06 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 100%. Hasil uji perbedaan hasil belajar menunjukan Thitung ranah pengetahuan 28,00. Ttabel didapatkan nilai sebesar 2,04,  maka Thitung >Ttabel. Sedangkan nilai analisis signifikansi (α) didapatkan nilai 0,00, maka signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan media pembelajaran lebih baik dari hasil belajar sebelum diberikan media pembelajaran.
Kata Kunci: model pembelajaran, hasil belajar
Penulis: GAGAH Antero ANTERO B.P., Subuh Isnur Haryudo
Kode Jurnal: jptlisetrodd160029

JURNAL BERHUBUNGAN: