PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP BOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 SAMPANG

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis flip book maker yang layak digunakan pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 1 Sampang ditinjau dari validitas , efektivitas dari ketuntasan tes hasil belajar dan hasil respon siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implement and Evaluate ) dengan 5 (lima) tahapan yaitu (1) tahap analisis (2) tahap desain (3) tahap pengembangan (4) tahap pelaksanaan (5) tahap evaluasi. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain one-shoot case study pada kelas X TEI 1.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis  flip book maker pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 1 Sampang mendapatkan penilaian rata-rata 82,63% termasuk dalam kategori sangat valid. Penggunaan media pembelajaran berbasis flip book maker terbukti lebih efektif digunakan untuk pembelajaran elektronika yaitu dengan tercapainya prestasi belajar siswa sesuai KKM yang ditetapkan .  Respon siswa mendapatkan penilaian sebesar 81,50% termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flip Book Maker, ADDIE
Penulis: Muhammad Syarif Hidayatullah, Lusia Rakhmawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160098

JURNAL BERHUBUNGAN: