PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATA DIKLAT PLC DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 LAMONGAN

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 pada standar kompetensi memprogram peralatan sistem pengendali elektronik yang berkaitan dengan I/O berbantuan PLC dan komputer di SMK Negeri 2 Lamongan. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan media, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap media.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D, yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Namun dalam pelaksanaannya tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan penelitian. Tingkat kelayakan media interaktif dilihat dari nilai rata-rata validasi dari para ahli. Kemudian dilakukan uji coba terbatas kepada 35 siswa Jurusan Teknik Elekronika Industri untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 yang dikembangkan dikategorikan layak digunakan dengan rata-rata hasil rating sebesar 79,5% untuk desain media dan rata-rata hasil rating sebesar 82,05% untuk validasi soal media pembelajaran. Dari hasil belajar siswa didapatkan thitung<ttabel dimana besar nilai thitung = -16,24 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah      -1,68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa setelah menggunakan media interaktif PLC. Penilaian respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat pada media pembelajaran interaktif dan butir soal masuk ke dalam kategori sangat menarik dengan hasil rating sebesar 84,49%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS3, PLC
Penulis: Eko Prastyo, Nurhayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150514

JURNAL BERHUBUNGAN: