PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STUDIO’13 KOMPETENSI DASAR ARSITEKTUR DAN PRINSIP KERJA FUNGSI SETIAP BLOK PLC DI SMK NEGERI 1 SAMPANG

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran perekayasaan sistem kontrol berbasis Articulate Studio’13 yang valid dan layak digunakan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran perekayasaan sistem kontrol. Sasaran penelitian yaitu kelas XI TEI 1 di SMK Negeri 1 Sampang semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah Model Four-D Model yang terdiri dari tiga fase, yaitu : (1) Define, (2) Design, (3) Develop. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dan metode tertulis. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis tingkat rating, rerata, persentase skor, tabulasi tabel, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran rangkaian digital yang telah divalidasi dengan hasil rating rerata sebesar 72,02% dengan kriteria nilai baik. Hasil belajar siswa diperoleh rerata posttest sebesar 3,01, dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa rerata postest lebih besar dari rerata standar K13 sebesar 2,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran meningkat. Serta respon siswa terhadap media pembelajaran perekayasaan sistem kontrol dengan hasil rating rerata sebesar 79,04% dengan kriteria nilai baik.
Kata Kunci: Articulate Studio ‘13, Four-D Model, Perekayasaan Sistem Kontrol
Penulis: Fachrory Akbar Ghozali, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160084

JURNAL BERHUBUNGAN: