PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI UNTUK SMK NEGERI 5 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1)Untuk megetahui kelayakan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi di SMK Negeri 5 Surabaya, (2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa  pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi menggunakan software lectora inspire (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran lectora inspire pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi.
Penelitian ini dititik beratkan pada pengembangan media pembelajaran. Prosedur penelitian dan pengembangan melalui model ADDIE diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Analyze atau analisis; 2) Design; 3) Development atau pengembangan; 4) Implementation; 5) Evaluation. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran multimedia Model ini dipilih karena model ADDIE sesuai digunakan untuk penelitian pengembangan, terutama pengembangan media pembelajaran.
Pada penelitian ini diperoleh hasil validasi media pembelajaran Lectora dinyatakan baik dengan persenase sebesar 81,78%.Respon siswa terhadap meida pembelajaran Lectora Inspire dinyatakan baik dengan persentase 80,5%. Hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran lectora inspire dinyatakan sangat baik dengan persentase 90,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire
Penulis: Asri Rachmawati, Nurhayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160053

JURNAL BERHUBUNGAN: