PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE AUTOPLAY PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui  kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran menggunakan software Auto Play pada mata pelajaran sensor dan actuator. (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan software Auto Play pada mata pelajaran sensor dan actuator. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah digunakannya media pembelajaran berbantuan software Auto Play pada mata pelajaran sensor dan actuator.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Dengan alur penelitian (1) Potensi dan dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba produk, (7) Analisis dan pelaporan. Analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui respon siswa menggunakan angket respon siswa.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil validasi oleh validator terhadap media  pembelajaran berbantuan Autoplay pada kompetensi dasar memahami gambar symbol,dan fungsi dari beberapa sensor dalam teknik elektronika industri dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 92%. (2) berdasarkan angket respon siswa terhadap media pembelajaran berbantuan Autoplay dinyatakan baik dengan presentase sebesar 90,5% .Sehingga dapat dinyatakan bahwa Hasil belajar siswa setelah digunakan media pembelajaran interaktif berbasis Autoplay pada kompetensi menjelaskan konsep dasar sensor dalam elektronika industri di kelas XI TEI I SMK Negeri 2 Bojonegoro meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000. Sedangkan nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar 0,05. Karena 0,000<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1  diterima. Artinya bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara pre-test (52,3) dan post-test (89). Jadi berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan Autoplay pada standar kompetensi dasar memahami gambar,symbol,dan fungsi dari beberapa sensor dalam teknik elektronika industri layak digunakan di SMK Negeri 2 Bojonegoro.
Kata Kunci: media pembelajaran, software autoplay, dan Research and Development (R&D)
Penulis: SULASUN NUAIMAH, Nur Kholis
Kode Jurnal: jptlisetrodd160041

JURNAL BERHUBUNGAN: