PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMINDMAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran IMindMap pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Pada tahap uji coba terbatas digunakan metode One Shot Case Studyuntuk mengetahui hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI TEI SMK Negeri 2 Bojonegoro.
Hasil analisis menunjukkan skor rata-rata hasil validasi media sebesar 83,33% dengan kategori baik, skor rata-rata hasil respon media sebesar 83,24% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media IMindMap sebesar 93.33% dari 15 dinyatakan lulus dan 6.67% siswa yang dinyatakan tidak lulus dengan nilai KKM yaitu 75.
Simpulan penelitian ini media pembelajaran hasil penelitian dikategorikan baik dengan skor rata-rata 83,33%, sehingga media yang dihasilkan layak digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran di sekolah. Respon siswa dikategorikan baik dengan skor rata-rata 83,24%. Sedangkan hasil post-test siswa dari 15 siswa hanya 1 yang tidak dapat mencapai nilai KKM yaitu 75.Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan media dapat dijadikan salah satu media alternative bagi siswa untuk pembelajaran mandiri dan pendidik dalam menyampaikan materi system konversi bilangan dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan media yang lebih baik lagi pada materi bahasan.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Sistem konversi bilangan, Penelitian Research and Development (R & D), Post-test
Penulis: Ahmad Agus Firman, I. Gusti Putu Asto B
Kode Jurnal: jptlisetrodd150461

JURNAL BERHUBUNGAN: