PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM RANGKAIAN FLIP-FLOP MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMKN 2 SURABAYA
Abstrak: Penelitian ini
bertujuan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran menggunakan software
Adobe Flash CC, serta untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar dan respon
siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia flash dalam
kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D), dengan alur penelitian (1) Analisis masalah, (2) tahap
pengumpulan data, (3) Tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap
revisi desain, (6) tahap uji coba produk, (7) Analisis dan pelaporan. (1)
Berdasarkan hasil validasi didapatkan skor rata-rata total validasi menunjukkan
nilai 3.25 dan persentase 81.25%. (2) Berdasarkan perhitungan respons siswa
menunjukkan skor rata-rata total 3.03 dan persentase sebesar 75.78%. (3)
Berdasarkan hasil nilai post-test yang menunjukkan persentase sebesar 96.88% siswa
mendapatkan nilai diatas KKM (2.65). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
tersebut valid dan dapat digunakan siswa untuk memotivasi belajar agar mendapat
nilai diatas KKM belajar SMKN 2 Surabaya.
Penulis: Fajar Shodiq
Hidayatulloh, I Gusti Putu Asto B,
Kode Jurnal: jptlisetrodd150358