PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK SMK NEGERI 1 DRIYOREJO - GRESIK

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis flash pada mata pelajaran teknik elektronika dasar yang layak digunakan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Sasaran penelitian yaitu kelas X-TEI 1 di SMK Negeri 1 Driyorejo – Gresik tahun ajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan adalah R&D yang telah dibatasi menjadi 7 tahap saja yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan pelaporan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran interaktif yang diberi nama MELDASH. Validasi media dilaksanakan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang layak digunakan. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif layak digunakan dengan hasil rating 90,83%. Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 88,89%.
Kata Kunci: Media pembelajaran interakif, MELDASH, Respon siswa
Penulis: Gustav Mandigo Anggana Raras, Yudha Anggana Agung
Kode Jurnal: jptlisetrodd150462

JURNAL BERHUBUNGAN: