PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (WEB BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN PADA SISWA KELAS XII TEI, DI SMK NEGERI 1 SUKOREJO, PASURUAN

Abstract: Dasar kompetensi kejuruan adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada Sekolah Menengah Kejuruan pada kurikulum KTSP, materi yang diajarkan pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan adalah perakitan perangkat keras komputer, dimana materi ajar meliputi: Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi komponen perangkat keras, melakukan instalasi komponen PC, melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer, mengatur komponen PC menggunakan perangkat lunak, menyambung peripheral menggunakan perangkat lunak, memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan peripheral. Media pembelajaran yang dikembangakan pada penelitian ini adalah website, yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database berjenis MySQLi. Tujuan pengembangan Media Pembelajaran Web (Web Based Learning) adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMK Negeri 1 Sukorejo, Pasuruan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Reaseach and Development. Data yang dikumpulkan adalah data validasi media pembelajaran, dan respon siswa. Validasi media pembelajaran digunakan untuk memperoleh kevalidan dari media pembelajaran tersebut. Respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran.
Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil validasi yang melibatkan tiga validator memperoleh hasil 82,98%, sehingga kevalidan dari media pembelajaran Web (Web Based Learning) termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran web baed learning memperoleh hasil 81,985%, sehingga media pembelajaran Web (Web Based Learning) mendapatkan respon yang sangat baik dari para siswa.
Kata Kunci: Dasar Kompetensi Kejuruan, Web Based Learning, Research and Development
Penulis: AFRIZZAL Pungky PUNGKY PRATAMA, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160034

JURNAL BERHUBUNGAN: