PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE AIR KOMPETENSI DASAR GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran rangkaian digital berbasis Adobe AIR. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran rangkaian digital. Sasaran penelitian yaitu kelas X TEI di SMK Negeri 2 Bangkalan semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah Model Waterfall Pressman yang terdiri dari lima fase yaitu: (1) Communicatin, (2) Planning, (3) Modeling, (4) Construction, (5) Deployment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dan metode tertulis. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis tingkat rating, rerata, persentase skor, tabulasi tabel, dan penarikan kesimpulan.
Media pembelajaran rangkaian digital ini dibuat menggunakan software Adobe Flash dan telah divalidasi dengan hasil rating rerata sebesar 84,63% dengan kriteria nilai sangat baik. Respon siswa terhadap media pembelajaran rangkaian digital dengan hasil rating rerata sebesar 88,58% dengan kriteria nilai sangat baik. Hasil belajar siswa diperoleh rerata pretest sebesar 1,55 dan rerata posttest sebesar 2,83, dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa rerata postest lebih besar dari rerata pretest, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran meningkat.
Kata Kunci: Adobe AIR, Waterfall, Rangkaian Digital
Penulis: Abd Halim, Meini Sondang Sumbawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160097

Artikel Terkait :