PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan media yang valid diterapkan pada mata pelajaran Rangkaian Elektronika untuk kelas XI TEI 1 di SMK Negeri 2 Bojonegoro, (2) Mengetahui hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran berbasis computer pada mata pelajaran rangkaian elektronika (3) Mengetahui respon siswa setelah dilakukan pengajaran menggunakan media pembelajaran berbasis komputer ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TEI 1 yang berjumlah 33 siswa. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis rating, rerata, persentase skor, tabulasi serta kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran flash berbantuan software EWB yang telah divalidasi dengan mendapat rata-rata skor rating sebesar 72,22% dengan kriteria nilai baik dan valid untuk diterapkan. Dari ketuntasan klasikal diperoleh persentase sebesar 100%, Hasil Tersebut berada diatas ketuntasan klasikal minimal 75%. Sedangkan untuk respon siswa terhadap media pembelajaran ini sendiri mendapatkan nilai dengan persentase sebesar 77%. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis komputer ini dinyatakan valid untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Rangkaian Elektronika, R&D (Reserch And Development)
Penulis: Achmad Rifai, Nurhayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160047

JURNAL BERHUBUNGAN: