PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BASIC UNTUK MENGAJAR TEKNIK PEMROGRAMAN DI KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA SMK NEGERI 1 SIDOARJO

Abstrak: Teknik Pemrograman merupakan mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan. Mata pelajaran Teknik Pemrograman berisikan materi tentang membuat aplikasi menggunakan Visual Basic 2010. Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi obyek. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Visual Basic pada mata pelajaran teknik pemrograman yang layak digunakan, untuk mengetahui respon dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran. Sasaran penelitian yaitu kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sidoarjo.
Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yang dibatasi menjadi 7 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,  validasi produk,  revisi produk, uji coba produk, analisis dan pelaporan.
Hasil dari penelitian yaitu didapatkan media pembelajaran berbasis Visual Basic yang layak digunakan dengan hasil rating 90,20%. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 83,42%. Hasil belajar siswa menghasilkan nilai rata-rata 2,94. Kriteria Ketuntasan Minimum yang digunakan adalah 2,67. Setelah dilakukan uji-t maka diperoleh t-hitung 5,134 yang lebih besar dari t-tabel 1,688, sehingga sesuai dengan hipotesis yang dibuat maka dinyatakan hasil belajar siswa dapat melebihi KKM yang telah ditetapkan.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Visual Basic, validasi, respon siswa, hasil belajar
Penulis: Mochamad Riduwan, I Gusti Putu Asto B
Kode Jurnal: jptlisetrodd150410

JURNAL BERHUBUNGAN: