PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PLC UNTUK APLIKASI KONVEYOR SORTIR BENDA METAL DAN NON METAL DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah membuat trainer dan jobsheet PLC sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran pada kompetensi dasar menginstalasi dan mengoprasikan PLC sebagai pengendali sistem otomasi industri.Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon siswa terhadap media yang telah dibuat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang terdiri dari sepuluh  tahapan, namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tujuh tahapan berikut: 1) Analisis Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, dan 7) Analisa dan Pelaporan. Untuk mengetahui kelayakan trainer dan jobsheet PLC yang telah dibuat diperoleh dari hasil validasi oleh 4 validator dan respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, penilaian oleh validator terhadap media trainer pada keseluruhan aspek dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 85,8%, dan penilaian terhadap media jobsheet pada keseluruhan aspek dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 80%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media trainer dan jobsheet dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 83,96%. Hal ini menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet PLC yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: trainer PLC untuk aplikasi konveyor
Penulis: Frengki Diantoro, Bambang Suprianto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150353

JURNAL BERHUBUNGAN: